Minggu, 13 Mei 2012

Halo Matahari di simeulue

      Jum'at april 2012... ada sesuatu berbeda dengan langit simeulue.... Ada halo matahari. Indah sekali karena dikelilingi pelangi bulat pebuh tapi juga mengerikan karena jika kita memandang ke langit yang kita liat seperti ada mata besar yang memandangi dari langit... Subhanallah
      Si mata besar di langit ini, membuat panik warga simeulue.. termasuk staf puskesmas simeulue timur, dan puskesmas kosong ketika jam masih menunjukkan 10.30 pagi, anak-anak sekolah dipulangkan. Kepanikan ini berawal dari dugaan masyarakat bahwa halo matahari ini adalah gejala dari gempa besar yang akan terjadi. Beberapa hari sebelumnya juga beredar sms tak jelas yang mengatakan akan ada gempa 12 SR yang akan melanda simeulue.
    Sebagai penggemar geologi dan astronomi, sedikit-sedikit tahu bahwa si halo matahari ini hanya gejala alam akibat refraksi cahaya atas partikel partikel es yang terbentuk di udara (kalo g' salah). Dan belum ada penelitian yang memastikan halo matahari ada hubungannya dengan terjadinya gempa. Allohu Alam..
    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar